PAGE

Melakukan Pemeriksaan Busi Pada Kendaraan

IN BAHASA INDONESIA LEAGUE

Langkah Langkah Melakukan Pemeriksaan Busi Pada Kendaraan

PEMERIKSAAN BUSI
Periksa busi secara visual kemungkinan terdapat hal-hal berikut:
1. Retak atau kerusakan lain pada ulir dan isolator;
2. Keausan elektroda;
3. Gastek rusak atau lapuk;
4. Elektroda terbakar atau terdapat kotoran yang berlebihan.

Pembersihan Busi
1. Jangan menggunakan alat pembersih busi lebih lama dari yang diperlukan;
2. Tiupkan bubuk pembersih dan karbon dengan udara kompresi;
3. Bersihkan ulir dan permukaan luar isolator

Pengukuran tekanan kompresi
1. Panaskan mesin;
2. Buka semua busi;
3. Lepaskan kabel tegangan tinggi dari koil pengapian agar aliran sekunder terputus;
4. Masukkan alat pengukur kompresi ke dalam lubang busi;
5. Buka trotel gas sepenuhnya dan baca tekanan kompresi sementara mesin dihidupkan dengan motor stater.

Sebagai petunjuk:
Usahakan agar pengukuran dilakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
-Putaran : 250
-Tekanan kompresi
-STD 11,0 kg/cm2
-Limit 9,0 kg/cm2
-Perbedaan antara masing-masing silinder 1,0 kg/cm2


IN ENGLISH LEAGUE

Doing Measures Inspection Buzi In Vehicle

CHECK PLUGS
Visually check the spark plugs there might be any of the following :
1 . Cracks or other damage on the thread and insulators ;
2 . Electrode wear and tear ;
3 . Gastek damaged or obsolete ;
4 . Electrodes are burned or excessive dirt .

cleaning Buzi
1 . Do not use spark plug cleaner longer than necessary ;
2 . Powder breathed cleaner air and carbon with compression ;
3 . Clean the threads and the outer surface of the insulator

Compression pressure measurement
1 . Heat engines ;
2 . Remove all plugs ;
3 . Release the high voltage cable from ignition coil so that the secondary flow cut off ;
4 . Enter compression measuring device into the spark plug hole ;
5 . Open the throttle fully and read pressure gas compression while the machine is turned on with the motor stater .

As an indication :
Try to have the measurements were performed in the shortest possible time .
- Rotation : 250
- Pressure compression
-STD 11.0 kg/cm2
-Limit 9.0 kg/cm2
- The difference between each cylinder 1.0 kg/cm2

No comments:

Post a Comment